Sejarah Jaringan Komputer



Sejarah Jaringan Komputer

Alternative Link..!! [Click Here]

Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer

Konsep Jaringan Komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Hardward University yang di pimpin oleh Profesor H. Aiken. pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun ( Batch Processing ), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Sejarah Jaringan Komputer

Pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi yang merupakan proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS ( Time  Sharing System ), maka pertama kali bentuk jaringan ( Network ) komputer di aplikasikan. Pada system TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang secara sendiri-sendiri.

Sejarah Jaringan Komputer


Memasuki tahun 1970-an, setelah beberapa pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep distribusi ( Distributed Processing ), dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer. Dalam proses disribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer ( Peer to Peer System ) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebuatan LAN ( Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN ( Wide Area Network ).


Penting..!!! Sebelum Melakukan Proses Download, Sebaiknya Anti Virus apapun di Komputer sobat harap di nonaktifkan Terlebih dahulu ya. Agar Patch Full Versionnya Dapat di Unduh juga. Makasih ^_^


Sejarah Jaringan Komputer

Alternative Link..!! [Click Here]

0 Response to " Sejarah Jaringan Komputer "