Pengertian Futurologi, Teknologi dan Manusia



Pengertian Futurologi, Teknologi dan Manusia

Alternative Link..!! [Click Here]

FUTUROLOGI

Pengertian Futurologi

Secara sederhana Futurologi berasal dari kata "Future" yang artinya masa depan dan "Logos" yang artinya ilmu, jadi  futurologi adalah ilmu yang mempelajari atau memprediksi kondisi di masa depan. kondisi yang dilihat dari segi "Kemungkinan" sesuatu yang akan terjadi di masa depan, futurologi masih dalam perdebatan antara seni atau disiplin ilmu, definisi lain menganggap futurologi adalah salah satu cabang ilmu yang memprediksi tentang masa depan dari sudut pandang ( Paradigma ), baik menyangkut sosial, politik, ekonomi, juga keyakinan dan musnahnya suatu bangsa dan negara. Futurologi merupakan sebuah disiplin ilmu yang meramal masa depan berdasarkan perhitungan multi sudut pandang atas fenomena yang terjadi pada hari ini.

Secara spesifik futurologi mempelajari sebuah sistem dunia yang sangat besar dan rumit, bukan ilmu gaib ramal-meramal masa depan. Futurologi sangat terkait dengan perkembangan teknologi dan peradaban manusia, karena peradaban manusia dan teknologi tidak terlepas dari kondisi masyarakat atau kumpulan manusia itu sendiri, kecanggihan teknologi dan kemajuan peradaban adalah suatu yang pasti dalam fitrah manusia. Prediksi dari mobil terbang, wisata ke bulan, kebangkitan China sampai perang nuklir adalah beberapa yang mungkin akan terjadi dimasa depan. Intinya ialah futurologi memiliki sebuah pokok permasalahan " Apa yang akan terjadi di masa depan? ".

Teknologi dan Manusisa

Pengertian Futurologi, Teknologi dan Manusia

Teknologi sangat akrab dengan istilah ini, teknologi sendiri bisa diartikan sebagai suatu alat yang mempermudah kehidupan manusia, dari teknologi sederhana seperti roda sampai yang rumit seperti mesin dan teknologi komunikasi. Perkembangan seiring dengan perkembangan peradaban manusia, teknologi lahir dari adanya suatu masalah yang ingin diselesaikan oleh manusia, teknologi dari masa ke masa berkembang pesat sesuai dengan permasalahan manusia yang semakin lama semakin bertambah, lalu muncul pertanyaan, Apakah benar teknologi mampu mengatasi masalah manusia??

Revolusi Industri :

Revolusi industri terjadi sekitar akhir abad ke 18 di Eropa, ketika itu revolusi di mulai di Inggris dengan ditemukannya mesin uap itulah pertama kali mesin dijadikan sebuah teknologi yang dibutuhkan oleh manusia hingga saat ini. Pada saat itu mesin mendominasi seluruh pabrik di Inggris yang menyebabkan seluruh tenaga manusia digantikan dengan mesin, saat itulah mesin mulai mempengaruhi kehidupan sosial manusia secara langsung, dampak sosial lainnya ialah terjadinya buruh anak dengan gaji yang kecil dan juga dampak lingkungan seperti polusi dan pada saat itu Inggris dikenal sebagai "Black Country" karena banyaknya asap hitam hasil produksi pabrik, apakah revolusi berkah atau kutukan?? revolusi industri melahirkan banyak sekali permasalahan lingkungan tapi di sisi lain perkembangan ini mampu menjadikan Inggris sebagai bangsa yang disegani, lalu bagaimana kalau kita membayangkan negara berkembang ingin menjadi industri maju apakah harus mengalami hal yang sama???

Industri Persenjataan : 

Perkembangan peradaban dan teknologi tidak terlepas dari naluri manusia untuk menindasi  manusia lainnya, maka pastinya bahwa kemajuan peradaban seiring dengan kemajuan "Alat Pembunuh". Dan kita lihat bahwa senjata juga mengalami evolusi dari sekadar ketapel hingga senjata nuklir. Suatu kemajuan teknologi pasti diiringi oleh alat perang suatu peradaban manusia karena antara peradaban pasti ingin mengungguli peradaban yang lain.

Era Digital : 

Era Digital adalah era yang kita jalani saat ini, yaitu era dimana teknologi komunikasi dan informasi menjadi yang utama. Semua sistem yang ada di dunia mulai ter-digitalisasi atau mulai menggunakan komputer. Penemuan komputer inilah yang mengawali era digital ditambah lagi dengan penemuan Internet yang menjadikan era digital semakin maju. Sekarang hampir semua hal di dunia ini mulai ter-komputerisasi dan terhubung dengan internet dan secara sadar atau tidak kita mulai ketergantungan terhadap internet, lalu apakah era atau abad teknologi terhenti di era digital? yang pasti kita manusia dengan fitrahnya pasti mengalami kemajuan tidak stagnan.

Kesimpulan :

Pada akhirnya kita bertanya apakah teknologi itu menyelesaikan masalah manusia? kita ingat penemuan mobil adalah penemuan yang mampu merubah dunia karena dengan mobil manusia mampu menempuh jarak jauh dengan waktu yang sangat singkat lalu perkembangan jalan-jalan yang menghubungakan antar kota, daerah bahkan negara. Tapi disisi lain perkembangan mobil menyebabkan masalah lain seperti polusi udara dan kemacetan, dengan kata lain teknologi = menyelesaikan masalah = menimbulkan masalah baru. Perkembangan teknologi juga adalah hasil dari hasrat manusia untuk membantu, membangun, membunuh dan menghancurkan, tetapi itulah fitrah kita sebagai manusia yang terus maju, sebagai mahluk yang tidak sempurna itulah yang menjadikan kita sempurna.


Penting..!!! Sebelum Melakukan Proses Download, Sebaiknya Anti Virus apapun di Komputer sobat harap di nonaktifkan Terlebih dahulu ya. Agar Patch Full Versionnya Dapat di Unduh juga. Makasih ^_^


Pengertian Futurologi, Teknologi dan Manusia

Alternative Link..!! [Click Here]

0 Response to " Pengertian Futurologi, Teknologi dan Manusia "